20090129

Jangan Asal Zikir


Buku 6 paket Buku Tasawuf

Judul: Jangan Asal Zikir
Penulis: Abdul Rasul Muhammad
Penerbit: Pustaka Hidayah, Bandung
Harga 69.000

Melambungkan Ruh dengan Asma Allah

Rasulullah
saw bersabda, Maukah aku kabarkan kepada kalian suatu perbuatan paling baik, paling tinggi derajatnya, paling suci di sisi Tuhan kalian, yang lebih baik bagi kalian daripada dinar dan dirham, lebih baik daripada kalian bertemu musuh lalu kalian membunuh mereka atau mereka membunuh kalian? Para sahabat menjawab, Tentu, wahai Rasulullah.

Nabi menjawab, Yaitu banyak berzikir kepada Allah. Zikir merupakan ibadah yang tak mengenal batas waktu dan bilangan; Ia bisa dilakukan kapan saja, Dengan berdiri, duduk, ataupun berbaring, dan dengan jumlah yang tak terbatas.

Zikir adalah juga sarana untuk melakukan miraj ruhani dan melambungkan ruh manusia ke maqam yang lebih tinggi. Itulah sebabnya Allah menyebutkan tujuan diwajibkannya shalat adalah untuk zikir mengingat-Nya: Dari dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku (QS 20:14).

Mengingat begitu pentingnya zikir, maka ia harus dipahami secara benar dan dilakukan dengan yang benar pula, agar diperoleh manfaat yang nyata dalam kehidupan duniawi dan ukhrawi kita.

Buku ini membahas keutamaan-keutamaan zikir dan berbagai hal yang berkaitan dengannya disertai berbagai dalil dari Alquran, Hadis-hadis Nabi saw.,dan ucapan-ucapan para ulama terkemuka. Tentu saja, kehadiran buku ini terasa amat penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja bila kita ingin melakukan zikir yang benar.

Oleh sebab itu, jangan asal zikir atau berzikir asal-asalan. Hanya dengan berzikir secara benar kita bisa menjadi teman duduk Allah, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis Qudsi, Aku duduk bersama orang yang berzikir kepada-Ku.

0 komentar: