20090130

Raihlah Hakikat Jangan Abaikan Syariat


Buku 8 Paket Buku Tasawuf

Judul: Raihlah Hakikat Jangan Abaikan Syariat
Karya : Syekh Abdul Qadir al-Jailani
Penerbit : Pustaka Hidayah

Adat-adat Perjalanan Spiritual

DALAM
buku ini, pembaca akan menemukan bahwa Imam al-Jailani r.a. senantiasa menekankan satu prinsip yang paling mendasar, yaitu bahwa puncak tujuan hanya bisa dicapai melalui jalan syariat.

Dengan demikian, hukum-hukum syariat dan akidah kaum salaf–dalam pandangannya, merupakan lubuk sekaligus ufuk tasawuf. Menurut Imam al-Jailani, seseorang bisa disebut sebagai ahl al-haqq wa al-wushul hanya jika lahirnya berpegang teguh pada syariat yang benar, baik perintah maupun larangan, dan batinnya senantiasa bertindak sesuai bashirah.

Dengan bashirah itulah ia senantiasa melihat teladannya, yakni Rasulallah saw. Sehingga pada posisinya kemudian – Nabi saw. menjadi perantara antar Allah Ta’ala dengan ruhani serta jasmaninya.

Dari keadaan ini ia akan mendapatkan petunjuk bagi dirinya dan bagi murid-muridnya yang menempuh jalan spiritual (as-salikin), sehingga mereka melakukan perjalanan spiritual tidak dalam keadaan buta. Pada posisi inilah terdapat tanda-tanda keistimewaan yang hanya bisa ditemukan oleh sedikit orang.

0 komentar: