20090130

Perisai Gaib


Buku 10 paket Buku Tasawuf
Pengarang: Syeikh Abdul Qadir Jailani
Penerbit: Pustaka Hidayah, Bandung

TIDAK
seperti karya-karya Syaikh Abdul Qadir Jaelani lainnya, buku ini tidak berbicara mengenal kewaspadaan terhadap dunia, tahap-tahap perjalanan spiritual, atau keharusan menerima ketetapan Allah SWT.

Kali ini Sang Syaikh Agung lebih banyak “berbicara” melalui shalawat, doa, wirid, dan hizib sebagai perisai gaib kaum mukmin. Di antaranya: Shalawat yang beliau beri nama Basya’irul Khairat (kabar gembira mengenal berbagai kebaikan) Doa Al-Isti’anah (doa tawasul kepada syaikh Abdul Qadir Jaelani) Wirid Da’watul-jalaalah Rijalul Ghaib (salam syaikh kepada para wali Allah di Alam Gaib) Doa untuk menghilangkan rasa letih Wirid subuh Hizbun Nashr (hizib untuk memohon pertolongan dalam menghadapi musuh).

Selain hal-hal di atas, ada sebuah bagian dari buku ini yang amat jarang kita jumpai pada karya-karya beliau lainnya yang menjadikan buku ini amat istimewa. Bagian itu adalah Risalah al-Ghautsiyyah, yakni sebentuk dialog antara Syaikh Abdul Qadir Jaelani dengan Allah SWT melalui ilham qolbi atau kasyf ma’nawi.

Di situ Allah menerangkan berbagai hal tentang rahasia alam Nasut, Malakut, Jabrut, dan Lahut; juga mengenai hakikat kefakiran, surga dan neraka, kedekatan dengan Allah SWT, puasa, shalat dan mengenai hamba-hamba Allah yang didekatkan kepada-Nya.

0 komentar: